Home > Artikel > Penyebab Pemanasan Global dan Akibatnya Bagi Bumi

Penyebab Pemanasan Global dan Akibatnya Bagi Bumi


(Pustaka Fisika). Telah umum diketahui, salah satu masalah terbesar yang kita hadapi saat ini adalah pemanasan global (Global Warming). Dampaknya pada bumi dan kehidupan seluruh makhluk sungguh sangat menakutkan. Apa yang menjadi sebab terjadinya global warming, sudah sangat sering diperdebatkan oleh komunitas ilmuwan, media, bahkan politisi. Tetapi, sayangnya, kita masih saja terus memperbincangkan penyebab seputar global warming, padahal akibat yang ditimbulkan setiap hari semakin nyata dan terukur. Satu hal yang pasti, penyebabnya adalah siapa lagi kalau bukan kita, umat manusia, dan akibat dari ini akan sangat terasa.

Berikut ini faktor penyebab terjadinya pemanasan global:

1. Polusi Karbondioksida dari pembangkit listrik bahan bakar fosil

Ketergantungan kita yang semakin meningkat pada listrik dari pembangkit listrik bahan bakar fosil membuat semakin meningkatnya pelepasan gas karbondioksida sisa pembakaran ke atmosfer. Sekitar 40% dari polusi karbondioksida dunia, berasal dari produksi listrik Amerika Serikat. Kebutuhan ini akan terus meningkat setiap harinya. Sepertinya, usaha penggunaan energi alternatif selain fosil harus segera dilaksanakan. Tetapi, masih banyak dari kita yang enggan untukĀ  melakukan ini.

2. Polusi Karbondioksida dari pembakaran bensin untuk transportasi

Sumber polusi karbondioksida lainnya berasal dari mesin kendaraan bermotor. Apalagi, keadaan semakin diperparah oleh adanya fakta bahwa permintaan kendaraan bermotor setiap tahunnya terus meningkat seiring dengan populasi manusia yang juga tumbuh sangat pesat. Sayangnya, semua peningkataan ini tidak diimbangi dengan usaha untuk mengurangi dampak.

3. Gas Metana dari peternakan dan pertanian.

Gas metana menempati urutan kedua setelah karbondioksida yang menjadi penyebab terdinya efek rumah kaca. Gas metana dapat bersal dari bahan organik yang dipecah oleh bakteri dalam kondisi kekurangan oksigen, misalnya dipersawahan. Proses ini juga dapat terjadi pada usus hewan ternak, dan dengan meningkatnya jumlah populasi ternak, mengakibatkan peningkatan produksi gas metana yang dilepaskan ke atmosfer bumi.

4. Aktivitas penebangan pohon

Seringnya penggunaan kayu dari pohon sebagai bahan baku membuat jumlah pohon kita makin berkurang. Apalagi, hutan sebagai tempat pohon kita tumbuh semakin sempit akibat beralih fungsi menjadi lahan perkebunan seperti kelapa sawit. Padahal, fungsi hutan sangat penting sebagai paru-paru dunia dan dapat digunakan untukĀ  mendaur ulang karbondioksida yang terlepas di atmosfer bumi.

5. Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan

Pada kurun waktu paruh terakhir abad ke-20, penggunaan pupuk kimia dunia untuk pertanian meningkat pesat. Kebanyakan pupuk kimia ini berbahan nitrogenoksida yang 300 kali lebih kuat dari karbondioksida sebagai perangkap panas, sehingga ikut memanaskan bumi. Akibat lainnya adalah pupuk kimia yang meresap masuk ke dalam tanah dapat mencemari sumber-sumber air minum kita.

Berikut ini akibat yang ditimbulkan oleh terjadinya pemanasan global:

1. Kenaikan permukaan air laut seluruh dunia

Para ilmuwan memprediksi peningkatan tinggi air laut di seluruh dunia karena mencairnya dua lapisan es raksasa di Antartika dan Greenland. Banyak negara di seluruh dunia akan mengalami efek berbahaya dari kenaikan air laut ini. Inilah mungkin yang faktor penyebab tenggelamnya Ibu Kota Jakarta beberapa tahun mendatang sesuai dengan yang diprediksi ilmuwan.

2. Peningkatan intensitas terjadinya badai

Tingkat terjadinya badai dan siklon semakin meningkat. Di dukung oleh bukti yang telah ditemukan oleh para ilmuwan bahwa pemanasan global secara signifikan akan menyebabkan terjadinya kenaikan temperatur udara dan lautan. Hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan kecepatan angin yang dapat memicu terjadinya badai kuat.

3. Menurunnya produksi pertanian akibat gagal panen

Diyakini bahwa, milyaran penduduk di seluruh dunia akan mengalami bencana kelaparan karena faktor menurunnya produksi pangan pertanian akibat kegagalan panen. Ini disebabkan oleh pemanasan global yang memicu terjadinya perubahan iklim yang kurang kondusif bagi tanaman pangan.

4. Makhluk hidup terancam kepunahan

Berdasarkan penelitian yang dipublikasin di Nature, pada tahun 2050 mendatang, peningkatan suhu dapat menyebakan terjadinya kepunahan jutaan spesies. Artinya, di tahun-tahun mendatang keragaman spesies bumi akan jauh berkurang. Namun, semoga saja tidak termasuk di dalamnya spesies manusia.

Saran bacaan selanjutnya: Pengertian Pemanasan Global

Tulisan di olah dari: planetsave.com

Materi lainnya:

About these ads
  1. 13/08/2013 at 4:32 am

    Pemanasan global memberi efek negatif bagi makhluk hidup :(

  2. Meimei
    22/10/2013 at 12:00 pm

    waw ternyyata global warmiing sangatlah berbahayya !! mungkin iini yang akan d!i namakan kKiamat:-(
    Ngerii juga yhea

  3. 29/11/2013 at 3:12 pm

    untuk itulah kita harus menjaga bumi kita !! :)

  4. 24/01/2014 at 12:46 am

    aquuu juqaa cedihhhh…. huaaa huaaaaaa
    :””””’((((((9

  5. dewi
    27/01/2014 at 7:01 am

    y salam, meth chiang kalau sudah begini ada nya siapa yang mau di salahin, mau dikaji ulang dari awal sudah tak mungkin kita bagai permainan games di dalam kehidupan ini, pada awal nya kudu nya di dalam apa pun kudu di pikir kan tapi nama nya manusia tidak ada yang sempurna yang sempurna hanya milik nya alloh s.w.t tau, melawan dengan alam pasti manusia awam yang kalah d, hanya dengan melihat untuk selanjut nya semua haya tuhan yang maha esa yang maha tahu segala gala nya, dari kita penggemar setia mu chocho o (DOB)

  6. dewi ratih ratih
    27/01/2014 at 7:19 am

    y salam meth chiang, kalau sudah begini adanya siapa yang mau di salahin, hmmm,mau di kaji ulang dari awal sudah tak mungkin kita bagaikan permainan games di dalam kehidupan ini,pada awal dari zaman dahulu di dalam hal ini kudu nya dipikir kan kan tapi y nama nya manusia tidak ada yang sempurna yang sempurna hanya milik nya yaitu alloh.s.w.t, tau,melawan dengan alam pasti kita manusia awam yamg kalah d,hanya kita melihat selanjut nya aza untuk kedpan nya apa lebih baik apa tidak dan ingat lah semua ini hanya milik nya segal gala nya tuhan yang maha esa, dan berdoa ingat kepada nya saja alloh s.w.t, ameen2x yra, semoga tuhan yang maha esa melindungi dan menjaga kita semua, kita dari penggemar anda sekian dan thx u chocho o (DOB)

  7. ulasefia
    14/04/2014 at 4:34 am

    Berarti klo manusia punah
    Kiamat dong?????

  1. 21/01/2014 at 8:27 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers

%d bloggers like this: