Home > Artikel, Astrofisika > Seputar Mitos Tentang Gerhana Matahari

Seputar Mitos Tentang Gerhana Matahari


(Pustaka Fisika). Sudah sejak lama, gerhana Matahari telah menjadi pusat perhatian dalam sejarah manusia dan terkait dengan banyak mitos dan tradisi. Bahkan, saat ini masih terdapat acara khusus yang dilakukan oleh komunitas penggemar gerhana seluruh dunia saat gerhana Matahari terjadi. Tulisan kali ini akan mencoba memperkenalkan kepada pembaca Pustaka Fisika tentang seputar mitos tentang gerhana matahari.

Gerhana Matahari dalam Sejarah China

Dahulu kala, tepatnya pada tahun 2.800 Sm, China kuno sedang larut dalam irama terjadinya gerhana Matahari. Astrolog China menulis tentang gerhana yang terjadi 4000 tahun yang lalu. Sejarawan dan astronom percaya bahwa gerhana itu terjadi tepat pada tanggal 22 Oktober 2134 SM. Masyarakat China pada waktu itu percaya bahwa terjadinya gerhana Matahari disebabkan oleh adanya seekor naga yang sedang melahap Matahari. Menurut legenda, dua astrolog pada saat itu, Hsi dan Ho, dieksekusi mati karena gagal dalam memprediksikan waktu terjadinya gerhana ini.

Mitos Gerhana Matahari

Banyak juga peradaban kuno pada masa itu yang mempercayai bahwa terjadinya gerhana adalah karena setan memakan Matahari. Mereka berpikir bahwa cara terbaik untuk menyingkirkan setan tersebut dengan cara mengumpulkan banyak orang dan membuat suara sebanyak mungkin untuk menakut-nakuti setan itu agar dapat pergi. Setiap orang akan berteriak sekeras mungkin atau menabuh drum.

Pandangan Yunani Kuno

Orang Yunani Kuno percaya bahwa gerhana adalah pertanda buruk yang datang dari dewa yang sedang marah. Gerhana Matahari pada waktu itu bahkan dapat mengubah jalannnya sejarah manusia. Pada tahun 585 SM, tepat ketika terjadi gerhana, Lydians dan Media terlibat dalam pertempuran dalam apa yang sekarang disebut dengan Turki. Sejarawan Yunani, Herodotus mencatat bahwa puncak pertempuran, kegelapan jatuh di atas tanah. Rupanya. perang itu terjadi tepat ketika gerhana sedang dalam proses terjadinya. Para tentara mengambil ini sebagai pertanda bahwa mereka harus berhenti berperang dan langsung membuat damai satu sama lain.

Eropa tentang Gerhana

Bukti tertua yang berhasil diketahui tentang upaya manusia dalam memahami gerhana adalah Stonehenge di Salisbury Plain Inggris. Stonehenge diyakini telah digunakan untuk mengukur gerakan Matahari dan Bulan. Pengamatan ilmiah mengenai gerhana Matahari total dimulai tahun 1605 ketika astronom Johannes Kepler mencatat pengamatan ilmiah tentang gerhana Matahari total.  Satu abad kemudia, Edmun Halley menerbitkan laporannya tentang gerhana Matahari total.

Selama terjadinya gerhana pada tanggal 16 Agustus 1868, Sir Joseph Lockyer dari Inggris dan Monseieur Pierre Janssen dari Perancis menemukan tanda-tanda dari helium di korona Matahari. Helium menjadi unsur kimia pertama yang ditemukan diluar Bumi. Penamaan ini mengambil nama dari kata Yunani untuk matahari – Helios.

Pandangan Gerhana Modern

Pada tanggal 29 Mei 1919, sebuah gerhana Matahari total digunakan untuk membuktikan teori Albert Einstein tentang relativitas umum dengan memberikan bukti bahwa gravitasi memang dapat membelokkan cahaya. Sampai saat ini, astronom juga menggunaka gerhana Matahari total untuk memotret dan mempelajari komposisi korona Matahari. Gerhana Matahari juga dapat digunakan untuk menghitung dimensi Matahari secara tepat. Proses terjadinya gerhana Matahari total dalam pandangan Modern dapat dibaca selengkapnya pada tulisan tentang Proses Terjadinya Gerhana Matahari Total.

Materi lainnya:

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers

%d bloggers like this: