Home > Fisika Dasar > Proses Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari

Proses Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari


(Pustaka Fisika). Bulan adalah satelit alam yang berevolusi mengelilingi Bumi dengan garis orbit tertentu. Garis orbit ini membentuk sudut ±5 derajat 19 menit terhadap bidang orbit Bumi (ekliptika). Dengan demikian dalam revolusinya terhadap Bumi, Bulan akan memotong ekliptika sebanyak dua kali dalam sebulan. Setiap kali Bulan memotong ekliptika berarti Bulan dan Bumi berada dalam satu bidang.

Gambar: Gerhana Bulan

Di saat Bulan mengalami purnama, Bulan akan menembus bidang ekliptika. Saat proses ini terjadi, kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi akan berada dalam satu garis lurus sehingga sinar matahari ke Bulan terhalang oleh Bumi, maka terjadilah gerhana Bulan.

Gambar: Umbra dan Penumbra pada Gerhana Matahari

Pada saat Bulan menembus bidan ekliptika, yaitu pada saat Bulan mati, akan terjadi gerhana Matahari. Saat itu Matahari berda dalam satu garis lurus dengan Bulan jika dilihat dari Bumi.  Pada saat terjadi gerhana Matahari ini bayangan. Bulan jatuh ke permukaan Bumi. Karena Bulan lebih kecil dari Bumi, maka bayangan Bulan itu hanya menutupi daerah yang sempit saja.

Pada saat terjadi gerhana Matahari sebagian, maka orang di tempat yang ditimpa bayangan Bulan masih dapat melihat Matahari walaupun sangat kabur. Gerhana Matahari total terjadi relatif singkat, hanya akan berlangsung tidak lebih dari 6 menit saja. Pada saat gerhana Matahari total, Matahari benar-benar gelap.

Bisa juga terjadi gerhana Matahari cincin. Gerhana ini terjadi jika pada saat terjadi gerhana Matahari, kedudukan Bulan berada pada titik terjauhnya (aphelium).

Gambar dari:

  1. iceinspace.com.au
  2. teach.albion.edu
  1. Desy
    02/03/2013 at 1:25 pm

    makasih udah kasih tau jadi saya gak bingung

  2. 25/02/2014 at 4:35 pm

    lifestyle

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers

%d bloggers like this: