Home > Fisika Dasar > Penerapan Pesawat Sederhana Pengungkit/Tuas (Lanjutan)

Penerapan Pesawat Sederhana Pengungkit/Tuas (Lanjutan)


(Pustaka Fisika).  Pernahkah anda melihat ketika tukang batu ingin memindahkan batu yang besar? Untuk memudahkannya mereka kadang menggunakan tongkat/linggis dari besi sebagai pengungkit. Prinsip kerjanya adalah dengan meletakkan tumpuan pada linggis tersebut di antara batu dan tangannya.

Gambar: kerja dengan batuan tuas

Tuas adalah salah satu jenis pesawat sederhana yang dapat digunakan untuk memudahkan usaha. Hal ini dimungkinkan terjadi dengan adanya sebuah batang ungkit (tuas) dengan titik tumpu, titik gaya, dan titik yang divariasikan letaknya. Contoh penggunaan prinsip pengungkit adalah linggis. Sekarang, tuas sudah banyak dikembangkan menjadi berbagai alat yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Seringkah anda menggunting kuku? Alat gunting kuku adalah salah satu alat yang menggunakan prinsip tuas.

Rumus yang mendasari kerja dari tuas secara matematis dituliskan:

B x lb = F x lk

dengan:

  • B = beban
  • F = gaya kuasa
  • lb = lengan beban (jarak antara titik beban sampai titik tumpu
  • lk = lengan kuasa (jarak antara titik kuasa dengan titik tumpu)

Kesimpulan dari rumus diatas adalah:

  1. Makin panjang lengan kuasa, makin kecil nilai gaya kuasa. Hal ini berarti gaya yang harus dikeluarkan untuk mengangkat beban lebih sedikit.
  2. Makin panjang lengan kuasa (lk) makin besar keuntungan mekanik, sehingga usaha makin mudah dilakukan

KM = B/F = lk/lb

Alat – alat yang bekerja berdasarkan prinsip tuas antara lain:

Pengungkit jenis pertama (titik tumpu di antara titik beban dan titik kuasa). Misalnya: gunting, tang, jungkat-jungkit, dan timbangan

Gambar: tang

Pengungkit jenis kedua (titik beban di antara titik tumpu dan titik kuasa). Misalnya: gerobak beroda satu

Gambar: gerobak beroda satu

Pengungkit jenis ketiga (titik kuasa di antara titik tumpu dan titik beban). Misalnya: sekop, penjepit, dan pinset

Gambar: sekop

Anda dapat juga membaca artikel fisika menarik lainnya, melalui website zakapedia.com. Ditulis oleh salah seorang teman, Admin Pustaka Fisika juga senang berkunjung ke web ini, disusun berdasarkan prinsip menjelaskan fisika tanpa rumus.

Mau artikel tambahan tentang ini, silahkan kunjungi situs ini “Klik Disini

Image from:

  1. weakonomics.com
  2. chzo.wikia.com
  3. upost.com.au

Materi lainnya:

About these ads
  1. rathy
    04/02/2013 at 11:29 am

    owwwwwwhhhhhhhhhhhhh
    gitu yach…………….
    makasih banget PRku selesai dech………………..

  2. 10/02/2013 at 12:11 pm

    tolong donk hitung.in soal dari aku
    ;;sebuah bidang miring yg panjangnya 5m di perguna kan untuk menaikan sebuah benda yang beratnya 100 kg. jika gaya yang digunakan 200N dan g=10M/s2, hitung lah tinggi bidang miring dari lantai

    • 12/02/2013 at 6:30 pm

      Maaf telat balasnya, soal tentang bidang miring yah…??

      Rumus umum bidang miring adalah = Fk x L = Fb x h. Jadi ketika tinggi bidang miring yg ditanyakan, maka rumusnya harus dimodifikasi menjadi h = (Fk x L) / Fb. Masukkan saja langsung nilainya.

      Dik:

      Fk = 200 N
      g = 10 m/s^2
      m = 100 kg
      L = 5 m

      Dit:

      h…..?

      Penyelesaian:
      Fb = m x g = 100 x 10 = 1000 N

      h = (Fk x L) / Fb = (200 x 5) / 1000 = 1 m.

      Jadi, tinggi bidang miringnya yaitu 1 meter

  3. Tri Krisnov
    18/02/2013 at 9:02 am

    Contoh soal buat tuas jenis ke-3 kyk gimana?

    • 20/02/2013 at 6:18 pm

      Tergantung mas, soalnya untuk mencari apa, gaya kuasa, ataukah gaya beban, atau bisa juga bunyi soalnya berbicara tentang posisi titik kuasa terbaik yg bisa memberikan kemudahan dlm melakukan usaha.

  4. elisabet widyadhana
    18/02/2013 at 2:03 pm

    makasih ya.. pr ku selesai deh….

  5. 12/03/2013 at 8:33 am

    kak tau gak pengaruh jumlah getaran terhadap frekuensi?

    • 16/03/2013 at 5:48 am

      Maaf, baru sempat balas.yah…., Jumlah getaran dan frekuensi sangat berhubungan. Semakin banyak jumlah getaran untuk waktu tertentu, maka semakin tinggi frekuensinya. Bisa dilihat dari rumus, f = n / t, dengan f = frekuensi getaran, n = jumlah getaran dan t = selang waktu tertentu….

  6. Arniawan Wawan
    29/03/2013 at 2:04 pm

    Terima Kasih ….
    Karena adanya website kakak…,,,
    Jadi, PR ku selesai dach….!!!!!

  7. 02/04/2013 at 1:56 pm

    Lb dan Lk itu satuannya apa ya? cm atau m?

    • 03/04/2013 at 9:15 am

      Maaf bru sempat online. Dalam Si, besaran panjang bersatuan meter, jadi jika mengikuti aturan ini maka, Lb (panjang lengan beban) dan Lk (panjang lengan kuasa) bersatuan m. Namun, boleh juga kok memakai satuan cm…

  8. Lusy susanti
    16/04/2013 at 12:31 pm

    Kak bisa bntc akk ngx..
    ..ni soal ny

    F=50 N
    sopir mobil melajukan mobilnya pada kecepatan 15m/s. Usaha yang dilakukan mobil 6 sekon adalah

  9. hari
    02/10/2013 at 7:54 am

    Kalau nyari berat bebannya bagai mana?

  10. 26/02/2014 at 4:53 am

    kak bisa ngak sebutkan 10 jenis pengugkit(tuas)beserta gambarnya kak

  11. yuly
    02/03/2014 at 3:18 pm

    adh susah amat nch ,,bisa bantu gax kak???

    F=200 N
    dapat mengungkit beban sepanjang 175 cm,jika lengan kuasa
    150 M,maka beban yang diangkat berapa kak ???

  12. cahayasari9@twitter.com
    04/03/2014 at 10:29 am

    boleh bantu nggak butuh bantuannih…….
    1. batang besi panjangnya 150 cm digunakan sebagai pengungkit untuk memindahkan batu yang beratnya 500 N dan gaya yang diberikan 100 N, tentukan :
    a. berapa panjang lengan beban dan lengan kuasa?
    b. berapa keuntungan mekanisnya?
    c. seberapah jauh batu terangkat jika titik kuasa turun 1 m?

  13. 07/03/2014 at 12:33 pm

    mau naanya jelaskan prinsip kerja bidang miring yang terdapat pada jungkat jungkitan,pisau,sekrup,tangga rumah,jalan berkelok

  14. senthun
    10/05/2014 at 1:33 am

    mas bisa kasih contoh untuk tuas ketiga dengan menggunakan sekop dalam keseharian?? rumusnya gimana ya?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: