Home > Uncategorized > Gaya Tarik Antar-Partikel

Gaya Tarik Antar-Partikel


(Pustaka Fisika). Kita telah mengetahui partikel-partikel dalam zat saling tarik menarik sehingga menimbulkan gaya. Jika ditinjau dari jenis partikelnya, gaya tarik menarik antar partikel zat dibedakan menjadi dua., yaitu kohesi dan adhesi.

Kohesi

Kohesi adalah peristiwa terjadinya gaya tarik menarik antar partikel yang sejenis. Besar Gaya tarik ini berbeda-beda diberbagai jenis zat. Pada zat padat, memiliki gaya kohesi yang paling besar, kemudian zat cair, dan zat gas. Inilah yang menjadi penyebab dari bagaimana suatu zat terbentuk (padat, cair, dan gas). Gaya kohesi ini membuat partikel yang sejenis untuk berkumpul.

Gambar: Kayu ini terlihat kompak karena adanya gaya kohesi

Adhesi

Pernahkah anda memasukkan air kedalam suatu wadah? Gelas misalnya? saya yakin semua pernah melakukannya. Jika kita menumpahkan air yang ada didalam gelas tersebut, coba anda perhatikan dinding gelasnya. Kita akan melihat adanya titik-titik air yang masih menempel pada gelas. Apa yang menyebakan hal tersebut? Yang terjadi adalah adanya peristiwa tarik-menarik antar partikel-partikel air dengan pertikel dari gelas yang dinamakan Adhesi.

(Image from: bioweb.uwlax.edu)

Adhesi adalah gaya tarik-menarik antar partikel-partikel tak sejenis. Kenapa tinta bisa menempel pada kertas ketika kita menulis? Yah, gaya adhesi inilah penjelasan dari peristiwa tersebut. Partikel-partikel tinta tarik menarik dengan partikel-partikel kertas. Atau juga titik-titik air yang menempel pada daun.

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: