Home > Fisika Dasar > Contoh Penerapan Hukum Newton (I, II, dan III)

Contoh Penerapan Hukum Newton (I, II, dan III)


(Pustaka Fisika).  Tentunya banyak dari kita yang sudah mengenal baik Hukum Newton. Dibawah ini akan kami jelaskan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Hukum I Newton

Hukum ini sering juga disebut sebagai hukum inersia (kelembaman). Hukum I Newton berbunyi “Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan terus diam. Sedangkan, benda yang mula-mula bergerak, akan terus bergerak dengan kecepatan tetap”.

Penerapannya:

  • Penumpang akan serasa terdorong kedepan saat mobil yang bergerak cepat direm mendadak.
  • Koin yang berada di atas kertas di meja akan tetap disana ketika kertas ditarik secara cepat.
  • Ayunan bandul sederhana.
  • Pemakaian roda gila pada mesin mobil.

Hukum II Newton

Hukum ini berbunyi “Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya

Penerapannya:

  • Mobil yang melaju dijalan raya akan mendapatkan percepatan yang sebanding dengan gaya dan berbading terbalik dengan massa mobil tersebut

Hukum III Newton

Hukum ini sering juga disebut dengan hukum aksi-reaksi. Hukum ini berbunyi “Jika suatu benda mengerjakan gaya pada benda lain maka benda yang di kenai gaya akan mengerjakan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan”.

Penerapannya:

  • Adanya gaya gravitasi
  • Peristiwa gaya magnet
  • Gaya listrik

Tambahan materi tentang hukum Newton: Hukum Newton 1, 2, dan 3.

Anda dapat juga membaca artikel fisika menarik lainnya, melalui website http://www.zakapedia.com/2013/05/belajar-hukum-i-ii-dan-iii-newton.html. Saya juga senang berkunjung ke web ini, ditulis berdasarkan prinsip menjelaskan fisika tanpa rumus.

Materi lainnya:

About these ads
  1. ani
    17/05/2012 at 8:33 am

    Ma ksh Atas materinya meskipun dikit tp bermanfaat banget

    • 15/10/2012 at 3:25 pm

      sama-sama sahabat fisika, terimakasih atas kunjungannya

  2. Nhilambdtz the piscezgirlz
    12/09/2012 at 11:57 am

    Thank’z atz mtreri peljrannya..
    sngat brmanfaat buat saya..

    • 15/10/2012 at 3:24 pm

      sama2 sahabat fisika, terimakasih atas kunjungannya..

  3. 12/10/2012 at 10:20 pm

    makasih infonya… :)

  4. tono
    14/10/2012 at 2:17 pm

    thanks banget buat malm ini saya jadi bisa mengerjakan tugas kuliah saya, .. buat yg nulis thanks banget ya…

  5. Wilda sari malik
    17/10/2012 at 11:23 am

    Keren nih , thanks yah materinya membantu banget nih

    • 17/10/2012 at 2:48 pm

      sama-sama sahabat fisika… terimakasih atas kunjungannya

  6. 16/11/2012 at 8:31 am

    makasih membantu banget

  7. 18/11/2012 at 12:13 pm

    makasih bangetya I like it

  8. surya
    27/11/2012 at 4:07 pm

    thanks.. :)

  9. risma
    04/12/2012 at 2:34 am

    waww ….. keren …:)
    thanks yaa buat infox …:)
    minta doax , hari nii q mw ulngan fisika.

  10. vaedil
    14/12/2012 at 2:16 am

    pak fisika, kok saya ga bisa belajar fisika yaaa, padahal pelajaran yang saya suka kan IPA. Tapi cuma fisika aja yang saya ga bisa. Bisa bantu solusinya?????

    • MR.Smoke
      16/01/2013 at 9:33 am

      deritalo !! wokwowkowkokw

    • Dhimas
      25/08/2013 at 12:22 pm

      yang butuh siapa ??? cari sendiri donk !

  11. 05/01/2013 at 9:11 am

    Mkshhh bngt nih infonya…lagi butuh banget materi ini…tp di buku gk adaa

  12. ratih
    14/01/2013 at 10:27 am

    apa sich ini???????????????
    tdk lengkap…………

  13. diana
    20/01/2013 at 10:00 am

    thanks banget atasss ilmu nyaaaa… :)

  14. Aii
    20/01/2013 at 1:37 pm

    Wow..artikel ini sngat membantu dlm belajar

  15. 24/01/2013 at 6:05 am

    Terimakasih materinya kaka :)

  16. 27/01/2013 at 2:49 pm

    Salam kenal semuanya…..

  17. 05/02/2013 at 2:24 pm

    Terimakasih banyak,

  18. ana
    16/02/2013 at 3:16 am

    woow makasih y ka atas infonya gara gara ngebaca ini aku nilai ulangan fisikanya bagus

  19. Anonim
    18/04/2013 at 3:11 am

    Trima kasih ya sangat membantu

  20. Christiin
    30/05/2013 at 12:10 pm

    Thx,, soal.yy dahh bantu mLngkapii tugass gue,, salamm Fisika .

  21. Dhimas
    22/08/2013 at 11:44 am

    Bejo ada blog ini, trz bisa ngerjain PR dech….

  22. 31/08/2013 at 4:09 am

    maksihh yah info nya

  23. seldia argadini
    04/09/2013 at 3:59 am

    kenapa rumus nya ga ada ?

  24. Riqbaal Ramadhan
    04/09/2013 at 2:06 pm

    sebuah benda memiliki berat 80N terletak di ataas lantai. pada benda dikerjakan gaya vertikal sebesar 120N
    a). berapakah resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut?
    b). hitung percepatan benda.
    c). apakah yang akan terjadi pada benda tersebut

    • 09/10/2014 at 11:27 am

      hhm…teman’,k’.adhe semuanya makasi yaehh atas infi nyaa…!!!!!

  25. syahril sahrul
    05/09/2013 at 9:48 am

    very very thank you atas infonya

  26. Wanda nurulita safitri
    08/09/2013 at 4:19 am

    Kurang lengkap masih kurang jelas
    Tapi gk pp aku jadi tambah pintar
    #makasih

  27. ekandira idis
    18/09/2013 at 12:00 pm

    kurang lengkap pnjlasan contohnya, shrusnya d jlaskan lagi.

  28. 18/09/2013 at 3:13 pm

    makasih ya

  29. 27/09/2013 at 1:13 pm

    makasih banyak atas infonya,,,, :)

  30. adnan_yusuf47@yahoo.co.id
    03/10/2013 at 1:13 am

    Kurang lengkap tp bermanfaat

  31. Vannessa Angel
    10/11/2013 at 11:34 am

    Thanx atas infonya………

  32. Yani Dian H
    12/01/2014 at 11:35 am

    makasih ya… aku dah baca-baca..

  33. 17/01/2014 at 12:54 pm

    Keren banget Informasinya ..

  34. eko
    27/02/2014 at 2:06 pm

    sebuah benda yang massanya 14 kg, mengalami gaya 10 N ke kanan dan gaya 25 N ke kiri, berapa percepatannya?

  35. Junita Situru
    26/03/2014 at 12:56 pm

    makasih buat informasihnya

  36. laila
    18/08/2014 at 12:10 pm

    syukron

  37. Chris Adyuta
    19/08/2014 at 1:17 pm

    Terimakasih Kaka atas infonya , berguna bingits

  38. Muhsin
    25/08/2014 at 7:46 am

    contoh alat dari hukum newton 1 apa sih ??

  39. 23/10/2014 at 5:56 pm

    makasih buat informasihnya…
    yah, paling tidak mendapat sedikit ilmu…

  40. 26/11/2014 at 11:40 am

    Terima kasih,
    Bermanfaat banget untuk belajar menjelang ujian :)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers

%d bloggers like this: