Home > Uncategorized > Hal yang harus anda persiapkan untuk menjadi seorang Fisikawan

Hal yang harus anda persiapkan untuk menjadi seorang Fisikawan


(Pustaka Fisika). Mau belajar Fisika? Berikut hal-hal yang harus anda siapkan untuk mempelajari ilmu ini.

Menguasai Dasar-dasar matematika

Hal yang paling penting yang harus dikuasai jika ingin belajar Fisika adalah penguasaan matematika yang baik. Ini mutlak diperlukan jika seseorang ingin menjadi Fisikawan. Seorang fisikawan harus terbiasa dengan konsep-konsep yang ada dalam matematika, karena banyak hal tentang Fisika yang membutuhkan penguasaan matematika dengan baik. Sedikitnya anda harus mempunyai pengetahuan yang cukup mengenai:

- Konsep Aljabar

- Geometri

- Trigonometri

- Kalkulus

Pemecahan Masalah yang Baik (Problem Solving)

Setelah matematika, hal selanjutnya adalah mempunyai kemampuan untuk memecahkan suatu masalah (Skill Problem Solving). Banyak hal tentang Fisika yang menuntut kemampuan ini. Didalam ilmu Fisika, terkadang kita disuguhi seperangkat permasalahan dalam bentuk kasus-kasus tertentu yang harus dipecahkan. Fisika adalah ilmu yang berkaitan tentang alam, alam adalah wilayah kerja bagi seorang Fisikawan. Dan alam yang berada diluar sana penuh dengan permasalahan yang harus dipecahkan. Jika anda sudah memiliki kemampuan problem solving ini maka anda dapat dengan mudah untuk ahli dalam bidang Fisika

Daya Nalar

Hal selanjutnya adalah, anda diharuskan mempunyai kemampuan penalaran yang baik, khususnya penalaran yang bersifat logis. Untuk sampai pada solusi dari sebuah permasalahan, penalaran ilmiah (logis) mutlak diperlukan. Anda dapat melatih kemampuan ini dengan mengasah keterampilan anda dalam berlogika.

Penguasaan Teknologi

Faktor pendukung lainnya adalah penguasaan teknologi yang baik, Misalnya perangkat Komputer. Untuk melakukan pengukuran dan pengolahan data-data ilmiah, para Fisikawan terkadang menggunakan perangkat ini. Dan juga tentu saja software-software pendukung untuk analisis data. Dengan komputer data akan teranalisis lebih akurat dibandingkan dengan cara manual. Bayangkan jika anda tidak menggunakan perangkat ini dan anda dituntut harus mengolah data yang terkadang jumlahnya ratusan bahkan ribuan. Dengan bantuan komputer anda bisa melakukan operasi pengolahan data berupa penjumlahan, merata-ratakan, menampilkan grafik hasil analisis dan berbagai operasi lainnya.

Jika anda sudah menguasai hal-hal diatas, Fisika adalah sesuatu yang sangat mudah bagi anda…

About these ads
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: